Sunday, May 21, 2017

Makalah Biografi Christophe Bataille



MAKALAH BIOGRAFI CHRISTOPHE BATAILLE


DAFTAR ISI
JUDUL...........................................................................................1
DAFTAR ISI..................................................................................2
A. Biografi Christophe Bataille.....................................................3
B. Keadaan Lingkungan Sosial.....................................................3
C. Hasil Karya dan Penghargaan...................................................4
DAFTAR PUSTAKA.....................................................................5





A. Christophe Bataille
Christophe Bataille merupakan penulis yang berasal dari Prancis, lahir pada tanggal 14 Oktober 1971 di Versailles. Setelah menyelesaikan kuliah dan mendapatkan gelar sarjana di École des Hautes Études Commerciales de Paris. Dia bekerja selama dua tahun di London pada perusahaan kosmetik bernama L’Oréal. Selama bekerja dia mulai menulis novel dan menghasilkan karya pertama yaitu Annam. Novelnya sangat terkenal hingga mendapatkan penghargaan Prix du premier roman dan Prix des Deux Magots pada usia 21 tahun. 
Setelah kembali ke Paris, Bataille beralih profesi dan memulai bekerja pada penerbit Grasset dan dia terus menulis hingga sekarang. Sejak Januari 2007, dia mulai bergabung Bibliothèques Sans Frontières sebuah organisasi non-pemerintah yang membantu mendidik warga di negara berkembang.

B. Keadaan Lingkungan Sosial
Latar belakang karya Annam pada tahun 1993 terjadi pemilihan perdana mentri yang sebelumnya di jabat oleh François Mitterrand dari tanggal 21 Mei 1981. Pemilihan perdana mentri berlangsung pada tahun 1993 yang menghasilkan Jacques Chirac sebagai pemenangnya sehingga karya Annam berisi peristiwa yang berkaitan dengan Prancis pada tahun 1787 yaitu revolusi Prancis yang berlangsung di tahun 1788 - 1799. Dapat diambil kesimpulan penulis ingin menyampaikan pesan moral menumbuhkan rasa nasionalisme.

C. Hasil Karya
Adapun karya yang dihasilkan oleh Christophe Bataille, yaitu:
1. Annam, éditions Arléa, 1993
2. Absinthe, Arléa, 1994
3. Le Maître des heures, Grasset 1997
4. Vive l'enfer, Grasset, 1999
5. J'envie la félicité des bêtes, Grasset, 2002
6. Quartier général du bruit, Grasset, 2006
7. Le Rêve de Machiavel, Grasset, 2008
8. L’Élimination coécrit avec Rithy Panh, Grasset, 2012
9. L’Expérience, Grasset, 2015
Ulasan terkait dua novel yang terkenal ditulis oleh Christophe Bataille yaitu,.
Annam adalah novel pertama Christope Bataille yang telah dipublikasikan pertama kali pada tanggal 1 Januari 1993 oleh Arléa dan mendapatkan penghargaan Prix des Deux Magots serta penghargaan Prix du premier roman. Novel ini bercerita pada tahun 1788 para pemuka agama dan tentara berasal dari Prancis yang berlayar ke Vietnam untuk menyelamatkan negara tersebut dari perang. Mereka juga mengajarkan injil kepada para petani di daerah tropis tersebut. Dengan menempuh perjalanan yang lama dan berat mereka sampai di daerah rawa-rawa.

Absinthe merupakan novel kedua Christope Bataille yang dipublikasikan pada bulan Agustus 1994 oleh Arléa dan mendapatkan penghargaan Prix littéraire de la vocation. Novel ini bercerita tentang tokoh yang bernama José menemukan surat dari ayahnya. Ayah José seorang peneliti yang ceritakan bahwa dia sedang meneliti sebuah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat. Namun ternyata tanaman tersebut mengandung alkohol sangat tinggi sehingga dapat memperburuk seseorang jika digunakan sebagai obat. Novel ini berlatar tempat di Prancis pada kota Provence dan saat itu sedang terjadi perang dunia.

DAFTAR PUSTAKA


http://www.ndbooks.com/author/christophe-bataille/ , diakses pada tanggal 07 Mei 2017 pukul 13.10 WIB.
http://catalogue.bnf.fr/ark:/12148/cb123557918.public , diakses pada tanggal 07 Mei 2017 pukul 13.20 WIB.
http://www.absinthefever.com/absinthe/history , diakses pada tanggal 07 Mei 2017 pukul 14.42 WIB

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon